MARKETING
Pemasaran
mempunyai peranan yang sangat menentukan karena pemasaran mempunyai
kedudukan sebagai perantara antara produsen dan konsumen. Pemasaran
merupakan suatu urutan-urutan kegiatan yang saling berkaitan erat dan
bertujuan untuk memuaskan kebutuhan dan keinginan manusia melalui proses
pertukaran. Dengan demikian perusahaan dalam menjalankan usahanya perlu
memperhatikan dan mengembangkan sistem pemasarannya.
Masalah
pemasaran merupakan salahsatu aspek yang sangat penting bagi perusahaan
untuk menjalankan roda perusahaannya, karena tidak jarang perusahaan
gagal mencapai tujuannya disebabkan sistem pemasaran yang kurang tepat.
Untuk lebih jelasnya Philip Kotler (1997:8) menyatakan :
“
Pemasaran adalah suatu proses sosial dan manajerial yang didalamnya
individu dan kelompok mendapatkan apa yang mereka butuhkan dan inginkan
dengan menciptakan, menawarkan, dan mempertukarkan produk yang bernilai
dengan pihak lain .”
Kegiatan
pemasaran tidak dapat dipisahkan dari seluruh rangkaian kegiatan usaha
perusahaan karena didalamnya terdapat banyak bagian-bagian yang harus
dimengerti dan dilaksanakan khususnya oleh seorang pemasar/lembaga
pemasaran. Sedangkan pengertian menurut William J. Stanton (1993:7)
yaitu :
“
Pemasaran adalah suatu sistem total dari kegiatan bisnis yang dirancang
untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan dan
mendistribusikan barang-barang yang dapat memuaskan keinginan dan jasa
baik kepada konsumen saat ini maupun konsumen potensial “.
http://dansite.wordpress.com/2009/03/24/definisi-pemasaran-marketing/
http://dansite.wordpress.com/2009/03/24/definisi-pemasaran-marketing/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar